Rabu, 16 November 2016

Amankah Pinjaman Uang Tunai Secara Online

Saat ini jasa pinjaman uang tunai secara online mulai menjamur. Hal ini menunjukkan tingkat permintaan di Indonesia yang tinggi terhadap pinjaman uang tunai secara instan dan cepat. Tetapi apakah fenomena ini memang benar membantu masyarakat ataukah justru malah merugikan.


Dari hasil cek beberapa situs online yang menyediakan pinjaman uang tunai, rata-rata meminjamkan uang antara 2 juta hingga 10 juta rupiah. Untuk skema pengembalian fleksibel hingga satu tahun. Biaya administrasi bervariasi, antara 50 ribu hingga 200 ribu rupiah. Sedangkan bunga yang dibebankan rata-rata 3% per bulan atau hingga 36% per tahun!

Cukup dengan melihat dari pola biaya administrasi dan bunga yang tinggi, sistem pinjaman tunai ini tak ubahnya sama seperti hutang dengan kartu kredit. Tetapi dengan kemudahan yang ditawarkan cukup menggoda masyarakat yang membutuhkan uang instan. Hanya dengan modal KTP dan slip gaji saja tanpa perlu agunan, pinjaman sudah bisa didapatkan hari itu juga. Sangat jauh berbeda dengan pinjaman melalui bank yang harus melalui prosedur dan pencairan yang lama, belum lagi resiko aplikasi ditolak.

Layanan pinjaman tunai ini jelas sekali tidak menguntungkan karena beban bunga yang amat tinggi. Selain itu juga akan sangat mengganggu keuangan Anda, jika tidak tepat waktu melunasi hutang. Oleh karena itu pinjaman ini tidak disarankan. Jika Anda memang sedang membutuhkan uang tunai lebih baik Anda mencari alternatif lain yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan tidak menimbulkan masalah besar di kemudian hari.

0 comments: