Rabu, 10 Mei 2017

Mengenal Emas Lokal atau Cukim

Apakah Anda pernah berinvestasi emas lokal (cukim)? Istilah emas lokal mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Sebenarnya investasi emas lokal ini sudah banyak dan lazim ditemui di Indonesia. Jika Anda baru pertama kali membeli emas, tentu saja Anda akan merasa bingung, apa bedanya dengan logam mulia bersertifikat.




Logam Mulia Bersertifikasi
Logam mulia bersertifikasi adalah logam mulia yang paling sering ditemui. Salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi logam mulia bersertifikasi adalah PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Umumnya logam mulia bersertifikat dicetak dengan rapi dan bagus. Oleh sebab itu harga emas bersetifikat pasti lebih mahal.

Apakah ada keuntungan memiliki sertifikat tersebut? Tentu saja ada keuntungannya, yaitu emas yang Anda beli bergaransi memiliki kadar 24 karat. Tanggal di dalam sertifikat logam mulia tidak mempengaruhi harga jual kembali emas. Pada saat Anda menjual logam mulia bersertifikat, harga yang dihitung adalah harga emasnya saja. Anda dapat membeli emas atau logam mulia bersertifikat di butik atau toko emas dan toko online yang terpercaya. Anda sebagai pembeli harus lebih cermat, karena ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan emas dan sertifikatnya.

Emas Lokal (Cukim)
Selain logam mulia bersertifikat, terdapat juga emas lokal atau disebut cukim. Biasanya emas lokal ini dijual oleh toko-toko emas. Karena tidak ada sertifikatnya, maka emas lokal tidak dapat dipastikan kadar emasnya. Bisa saja emas yang Anda beli tidak memiliki kadar 24 karat, karena tercampur dengan logam lainnya.

Bentuk fisik emas lokal biasanya berbentuk batangan atau bongkahan-bongkahan kecil seperti kerikil. Mungkin Anda masih bingung, darimana toko emas memiliki emas lokal? Sebenarnya emas lokal adalah hasil peleburan perhiasan-perhiasan emas lalu kemudian dimurnikan. Kebanyakan toko emas tidak memiliki teknologi untuk mencetak secara rapi, sehingga emas lokal yang dijual berbentuk bola atau bongkahan kerikil. Harga jual dan harga beli emas lokal sama seperti harga emas logam mulia tanpa ada biaya sertifikat.

Kelemahan membeli atau berinvestasi emas lokal (cukim) adalah pada saat menjual kembali. Anda tidak dapat menjual emas lokal (cukim) di seluruh tempat, karena tidak semua toko emas bisa menerima kembali emas lokal (cukim). Anda hanya dapat menjual emas cukim di tempat Anda membelinya, karena toko emas tersebut yang tahu persis berada kadar emas tersebut.

Berikut tips jika Anda ingin membeli emas lokal:

  • Beli di toko emas yang terpercaya di kota Anda.
  • Jangan lupa minta tanda beli (nota pembelian) dan simpan baik-baik nota tersebut. Nota pembelian tersebut harus Anda sertakan saat menjual kembali emas cukim.
  • Sebelum membeli emas cukim, pastikan Anda sudah mengcek harga emas hari ini.
  • Simpan emas cukim di tempat yang aman, seperti di Safe Deposit Box atau brankas pribadi.
  • Masukkan emas cukim ke dalam plastik transparan beserta nota pembelian, agar tidak tertukar.
  • Jika Anda rutin membeli emas cukim, belilah di satu atau dua toko langganan. Jangan membeli emas cukim di toko yang berbeda-beda.




0 comments: