Selasa, 10 Desember 2013

Pahami Risiko Cicilan Emas

Jika Anda ingin investasi emas tetapi dana belum mencukupi, Anda bisa menggunakan fasilitas kredit emas, yaitu membeli emas secara mencicil. Saat ini sudah ada beberapa bank dan pegadaian yang menawarkan program cicilan emas. Sebelum Anda mengambil cara ini, sebaiknya pahami dahulu aturan dan risiko program ini.



Aturan Cicilan Emas
1. Saat ini hanya emas jenis Logam Mulia produksi PT. Antam yang dapat dibeli dengan cara kredit. Pembelian perhiasan emas tidak bisa menggunakan fasilitas kredit ini.
2. Setelah Anda melakukan pembelian, emas dan sertifikatnya disimpan oleh bank atau pegadaian sampai cicilan lunas.
3. Emas yang ditahan merupakan jaminan dari pinjaman. Jika debitur tidak bisa melunasi cicilan sesuai perjanjian, bank akan melelang emas. Hasil lelang digunakan untuk melunasi sisa kewajiban. Umumnya, lelang dilakukan setelah debitur menunggak selama beberapa bulan berturut-turut.
4. Maksimum pembiayaan adalah sekitar 75%-80% dari nilai emas yang akan dibeli. Sisanya adalah uang muka yang harus Anda sediakan sebesar 20%-25% dari harga emas. Dana sudah harus siap sebelum proses akad kredit dilakukan.
5. Bank membebankan margin atas nilai emas yang Anda beli. Jumlah pinjaman yang harus Anda cicil ke bank adalah harga pembelian emas ditambah margin.
6. Sama seperti pengajuan kredit lainnya, bank menetapkan persyaratan minimum (umur, WNI), meminta sejumlah dokumen identitas serta data keuangan dan melakukan evaluasi kemampuan pembayaran. Bank ingin memastikan bahwa anda memiliki kemampuan keuangan yang memadai untuk dapat menyelesaikan kewajiban pembayaran tepat waktu.

Risiko Cicilan Emas
Jika dibandingkan dengan kredit konsumtif, misalnya untuk pembelian barang elektronik, kredit emas jelas lebih baik, karena emas merupakan aset investasi. Namun bukan berarti mengambil kredit emas menjadi tanpa risiko. Berikut beberapa risiko yang mungkin muncul.
1. Risiko harga emas yang tidak meningkat atau meskipun meningkat namun kenaikannya lebih rendah dari margin kredit emas. Untuk mengurangi risiko, sebaiknya Anda mengambil masa kredit yang lebih pendek. Masa kredit pendek mengurangi eksposur terhadap fluktuasi harga dan margin yang dibebankan oleh bank atas pinjaman pun lebih rendah.
2. Risiko emas tidak diserahkan kepada anda ketika cicilan lunas oleh pihak yang memberikan kredit. Ingat bahwa selama masa cicilan emas, pihak pemberi kredit yang membeli dan menyimpan emas Anda. Pastikan Anda membeli dari lembaga yang benar-benar mempunyai kredibilitas dan nama baik.

Semoga informasi ini membantu Anda yang ingin mencoba alternatif produk pembiayaan yang bisa membantu mewujudkan keinginan Anda memiliki emas.

0 comments: