Rabu, 07 November 2012

Mengelola Investasi

Trading atau Jual Beli Bursa sudah dikenal lama memang di Indonesia, yang identik dengan perdagangan Saham, Forex, Index dan Comodities.
Untuk Emas sendiri masuk dalam bagian perdagangan Comodities bersama minyak, perak dan yang lain, namun perdagangan emas sendiri baru masuk bursa di Indonesia sekitar bulan Oktober tahun 2010. Jadi masih terhitung baru di bursa Indonesia.

Emas sendiri saat ini menjadi sangat di minati oleh masyarakat, sebagai hedging atau penahan nilai kekayaan karena sudah terbukti tahan terhadap inflasi disaat krisis sekalipun. Kalau di indonesia sendiri tentu sudah di uji saat terjadi krisis lokal yaitu tahun 1998 dan 2007-2008, yang di historical data tidak menurunkan harga Emas itu sendiri. Luar biasa.

Ada banyak Financial Planer yang mempunyai kesamaan dalam memberikan gambaran perencanaan atau pengelolaan keuangan seperti tahapan dibawah ini:

1. Lakukan investasi dengan jumlah minimal 10% dari pendapatan anda
Tentukan sasaran (target) investasi tersebut, misal untuk dana pendidikan anak saat masuk universitas atau untuk persiapan membeli rumah baru atau mungkin untuk berlibur dengan keluarga?, dll.

2. Tentukan waktu yang tersedia
Berdasarkan poin 2 didapat waktu yang tersedia, misal untuk dana pendidikan tersedia 10 tahun (bagi orang tua yang memiliki anak dengan usia 8 tahun), dana untuk membeli rumah direncanakan 5 tahun dari sekarang dan untuk dana berlibur dibutuhkan waktu (misalnya) 9 bulan dari sekarang.
Tentukan instrumen investasi anda berdasarkan waktu yang tersedia, bentuklah portfolio investasi pribadi anda, misal sebagai berikut:
    a.Waktu tersedia kurang dari 1 tahun, Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) dengan kombinasi pada deposito
    b.Waktu tersedia antara 1-3 tahun, Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT)dikombinasi dengan Reksa Dana Campuran (RDC)
    c.Waktu tersedia antara 3-5 tahun, Reksa Dana Campuran (RDC) dengan kombinasi Reksa Dana Saham (RDS) serta jika memungkinkan (tergantung besar aset tunai anda) dapat ditambah dengan sedikit dikombinasi pada pembelian dan penjualan saham (trading) di bursa efek
    d.Diatas 5 tahun, Reksa Dana Saham (RDS) sebagian besar, dengan kombinasi investasi pada trading saham (sebagian kecil)
    e.Catatan tambahan untuk poin 'c' dan 'd' sangat dianjurkan hanya bagi mereka yang telah memiliki aset tunai bersifat likuid berupa dana darurat yang telah mencapai 6 hingga 12 kali rata-rata pengeluaran per bulannya.

0 comments: