Rabu, 07 November 2012

Kapan saat yang tepat untuk membeli emas?

Faktor utama investasi khususnya membeli emas batangan bukan dari banyaknya dana, melainkan seberapa cepat anda mulai berinvestasi emas. Makin cepat makin baik.

Motivasi anda dalam membeli emas akan sangat menentukan bentuk investasi emas yang dipilih. Apakah anda spekulator, investor atau penabung? Apakah anda ingin mengambil posisi spekulatif jangka pendek dalam emas?Apakah anda berinvestasi untuk jangka menengah atau panjang? Ataukah anda mendiversifikasi, menyimpan atau menggunakan emas hanya sebagai hedging / jaminan keuangan (fungsi utama emas)? Semua faktor ini akan sangat mempengaruhi gaya investor dalam berinvestasi dan membeli emas.

Banyak orang yang bertanya, kapan saat yang tepat untuk membeli emas? Menarik sekali! Tapi ini juga pertanyaan yang sangat klasik.

Ketika orang bertanya ke saya kapan saat yang tepat untuk membeli emas, saya akan menjawab, “Saat yang paling TEPAT adalah SEKARANG. Benar, saat ini juga!”.

Beberapa orang akan mengatakan, saat yang tepat adalah tunggu saat harga TURUN terlebih dahulu. Namun lucunya, ketika harga sedang TURUN, orang yang sama muncul kekhawatiran bahwa harga emas akan semakin turun keesokan harinya. Pendapat saya? Benar kita akan mendapatkan margin yang lebih besar ketika kita membeli emas di saat harga turun. Namun harga emas, seperti harga komoditas dan instrumen lainnya, sangat fluktuatif dalam jangka pendek. Sehingga keinginan untuk membeli pada saat TURUN ditakutkan akan menunda dan terus menunda-nunda aksi kongkrit anda untuk membeli emas tersebut. Jika harga sedang NAIK? Tidak masalah. Berarti emas yang kita beli akan bertambah nilainya dengan cepat walau marginnya akan berbeda.

Jadi apa benar paling tepat adalah sekarang? Yups, jika anda memang ingin investasi di emas. Paling tidak, itu menurut saya. Tentu saja asumsi di sini bahwa anda memiliki “cukup” dana untuk membeli emas tersebut. Saya memberi tanda kutip disini, karena kecukupan dana ini akan berbeda, tergantung bagaimana metode anda membeli emas tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus membeli sekarang :
1. INFLASI setiap saat mengintai dan menggerogoti nilai uang Anda

2. Nilai emas sangat ditentukan oleh pasar.
Sangat sukar untuk memprediksi kondisi pasar saat ini. Namun hampir setiap saat kita mendengar berita dan atau membaca artikel yang intinya menyampaikan bahwa harga emas menembus level tertingginya, bahkan disaat krisis dimana instrumen-instrumen investasi lainnya mengalami kejatuhan (kepanikan finansial). Ini menandakan bahwa emas senantiasa menjadi pilihan orang ketika terjadi kepanikan finansial yang setiap saat bisa terjadi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena emas telah dianggap sebagai instrumen yang aman. Selain itu, permintaan (demand) dari emas tidak hanya untuk kebutuhan investasi. Banyak industri di dunia ini yang membutuhkan emas sebagai bahan bakunya. Contoh simpel, coba lihat simcard telepon anda. Yups, di situ ada kandungan emas.

3. Fluktuasi harga emas dalam jangka pendek (hari, minggu, bulan) dapat turun, tetapi dalam jangka panjang (tahunan) harga emas positif naik di kisaran rata-rata 20-30%

Jadi jangan khawatir walaupun anda membeli ketika harga naik, karena dalam jangka panjang harga emas, terbukti secara historis, akan naik.

0 comments: