Jumat, 11 Januari 2013

Investasi Emas Fisik

Investasi emas fisik ada dalam bermacam-macam bentuk dan kemasan. Faktanya, berinvestasi emas secara fisik (batangan/koin)  bisa mendatangkan banyak keuntungan dibandingkan berinvestasi emas dalam bentuk lain.

Ada 6 alasan dan keuntungan yang bisa Anda pertimbangkan apabila lebih memilih berinvestasi emas secara fisik:

1. Pelindung Kekayaan (Wealth Preservation)
Emas bisa melindungi nilai kekayaan. Kenaikan nilai emas diperbandingkan dengan rupiah tiap tahunnya selalu jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan inflasi. Ini membuat nilai kekayaan kita lestari, tidak termakan oleh inflasi.

2. Tingkat Resiko Rendah - Menengah (Medium to low Risk Investment)
Emas adalah investasi dengan resiko menengah cenderung rendah dengan imbal hasil kenaikan nilai yang cukup tinggi pada jangka waktu tertentu.

3. Aset Nyata (Tangible Asset)
Emas batangan/koin adalah investasi yang "nyata", benar-benar mempunyai nilai secara intrinsik, bukan selembar kertas yang dideklarasi mempunyai nilai dengan jaminan akan harapan.

4. Hak Kepemilikan (Private Property Rights)
Emas batangan/koin yang Anda miliki adalah hak milik pribadi Anda seutuhnya. Karakter emas batangan/koin yang nyata membuatnya independen, tidak bergantung pada institusi tertentu. Anda bisa melakukan hal apapun terhadap emas yang Anda miliki.

5. Mudah Dicairkan (Liquid Asset)
Emas adalah aset yang paling mudah diperjualbelikan dimanapun tempat dan waktu, tidak bergantung institusi. Bahkan Anda bisa menjadikan emas sebagai jaminan hutang (gadai), sangat jarang investasi lain bisa bertindak demikian.

6. Bebas Pajak (Tax Free)
Di Indonesia, emas batangan dimasukkan sebagai komoditi produksi yang tidak dikenakan pajak. Sehingga jika Anda berinvestasi pada emas batangan, maka Anda telah berinvestasi pada aset yang bebas pajak.

0 comments: