Selasa, 23 April 2013

Ketahui Profil Risiko Investasi Anda

Sebelum anda berinvestasi dahulu di reksadana, ada baiknya anda mengetahui dahulu profil risiko anda. Mengapa hal ini perlu? Agar anda dapat mengetahui tujuan investasi, seberapa besar tingkat risiko yang mampu anda hadapi, strategi investasi, dan produk investasi apa yang cocok untuk anda.


Berikut ini kuisioner singkat untuk mengetahui profil risiko anda.

1. Manakah diantara pernyataan dibawah berikut ini yang menggambarkan tingkat kenyamanan anda dalam menerima risiko investasi?
a. Saya tidak rnenyukai risiko dan tidak siap menerima hasil investasi yang negatif.
b. Saya bisa rnenerima risiko fluktuasi investasi dalam jangka pendek, selama tetap terkendali dan dalam trend pertumbuhan yang positif.
c. Saya bersedia menghadapi risiko fluktuasi yang tinggi guna mendapatkan pertumbuhan nilai investasi yang besar dalam jangka panjang.

2. Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menggambarkan tujuan anda dalam berinvestasi?
a. Untuk memperoleh pendapatan berkala yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.
b. Untuk memperoleh pendapatan berkala namun sekaligus dapat memperoleh pertumbuhan atas nilai investasi.
c. Untuk memperoleh pertumbuhan nilai investasi yang maksimal dalam jangka panjang.

3. Bagaimana pandangan anda mengenai kemungkinan anda kehilangan sebagian dari pokok investasi anda?
a. Saya tidak ingin menderita kerugian apapun dari investasi saya, karena akan mengganggu pendapatan bulanan saya.
b. Saya dapat menerima atas kemungkinan adanya resiko kerugian akibat dari fluktuasi investasi karena saya melakukan investasi jangka panjang.
c. Saya tidak berkeberatan dengan kemungkinan menderita kerugian karena saya telah menyediakan dana cadangan untuk kebutuhan rutin saya.

4. Berapa lama jangka waktu yang akan anda berikan agar uang anda berkembang?
a. Kurang dari 2 tahun.
b. Antara 2 sampai dengan 5 tahun.
c. Lebih dari 5 tahun.

5. Selama kurun waktu investasi tertentu nilal investasi anda dapat mengalami kenaikan atau penurunan. Seberapa besar tingkat fluktuasi yang dapat anda terima?
a. Antara -10% dan +10%
b. Antara -20% dan +20%
c. Antara -30% dan +30%

6. Dari keseluruhan harta (asset) yang anda miliki, berapa persen yang anda rencanakan untuk diinvestasikan dalam reksadana?
a. Kurang dari 35%
b. Antara 35% sampai 70%
c. Lebih dari 70%

7. Dalam investasi anda apakah anda membutuhkan aliran kas investasi yang bersifat reguler?
a. Va, setiap bulan.
b. Ya,setiap 6 bulan.
c. Tidak, saya tidak membatasi kurun waktu aliran kas, namun lebih berkonsentrasi pada tingkat imbal hasil.

8. Pada saat ini, seberapa jauh pemahaman Anda terhadap produk Reksa Dana dan industrinya?
a. Saya hanya mengetahui namun hanya terbatas bahwa Reksa Dana berbeda dengan produk-produk perbankan, dan di dalamnya mengandung risiko.
b. Saya cukup memahami mekanisme kerja Reksa Dana dengan baik, dan mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis Reksa Dana.
c. Saya sangat memahami mekanisme kerja Reksa Dana, lembaga-Iembaga terkait seperti Bank Kustodian, Manajer Investasi, dan Bapepam-LK serta jenis-jenis produk Reksa Dana yang ada.

Setelah anda menjawab semua pertanyaan di atas, hitung total nilai anda dengan cara:

  • jika menjawab a mendapat nilai 20
  • jika menjawab b mendapat nilai 100
  • jika menjawab c mendapat nilai 200

Dari nilai tersebut cek tipe profil anda di bawah ini.

Tipe I. Konservatif ( Nilai < 320)
Investor kategori ini masih mementingkan tingkat keutuhan nilai pokok investasi, dan sangat rentan terhadap fluktuasi hasil investasi dan membutuhkan cash flow bulanan. Jenis investasi yang sesuai untuk kategori ini adalah instrumen Pasar Uang seperti Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Tipe II. Konservatif Moderat ( Nilai antara 330 sampai 550)
Investor kategori ini masih tetap mementingkan pada keutuhan nilai pokok investasi, tetapi mulai bersedia untuk menerima fluktuasi investasi dalam jangka pendek untuk mendapatkan hasil yang lebih baik daripada produk reguler perbankan. Investor ini juga membutuhkan cash flow dalam setiap kurun waktu menengah ( 6 bulan ). Investor dalam kategori ini sebaiknya berinvestasi pada Reksa Dana Pasar Uang sebagai instrumen utama, dan sebagian pada Reksa Dana Pendapatan Tetap dengan sedikit alokasi pada Reksa Dana Saham.

Tipe III. Moderat Agresif (Nilai antara 540 sampai 740)
Investor kategori ini mulai bersedia mencoba alternatif investasi yang berpotensi memberikan hasil yang lebih tinggi meskipun mengandung resiko dan fluktuasi atas nilai investasinya. Investor dalam kategori ini sebaiknya berinvestasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap sebaqai instrumen utama dan dikombinasikan sebagian pada Reksa Dana Campuran dan atau Reksa Dana Saham.

Tipe IV. Agresif (nilai > 750)
Investor kategori ini mengutamakan pada bagi hasil yang tinggi pada investasi mereka, dengan kesiapan menerima fluktuasi yang akan timbul. Kesiapan menerima resiko ini didukung pula oleh pola investasinya yang berorientasi jangka panjang. Jenis investasi yang sesuai dengan investor dalam kategori ini adalah kombinasi antara Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham.


Produk/Tipe I II III IV
Reksa Dana Pasar Uang 10% 10% 5% 5%
Reksa Dana Pendapatan Tetap 75% 65% 50% 40%
Reksa Dana Campuran 10% 15% 20% 25%
Reksa Dana Saham 5% 10% 25% 30%


0 comments: