Kamis, 16 Januari 2014

Platinum Makin Lebih Mahal dari Emas

Harga platinum atau platina semakin lebih mahal daripada harga emas. Harga platinum naik ke level tertinggi dalam tiga bulan. Harga platinum naik setelah produsen terbesar di dunia, Anglo American Platinum Ltd akan mengurangi produksi di Afrika Selatan. Penurunan produksi itu mencapai 400.000 ons per tahun atau setara 7% dari produksi global. Selain untuk perhiasan, platina juga biasa digunakan dalam alat pengendali polusi dalam kendaraan.



Pada bulan lalu, Barclays Plc memperkirakan bahwa pasokan platinum akan merosot 38.000 ons tahun ini.

"Akan ada kepanikan untuk pembelian platinum karena berita ini, yang berarti pasar akan terdorong ke defisit platinum," kata Adam Klopfenstein, senior market strategist di Archer Financial Services Inc. di Chicago. Adam mengatakan pihaknya juga memperkirakan kenaikan pada logam berharga lainnya.

Harga kontrak platinum untuk pengiriman April menanjak 1,9% ke US$ 1.689,90 per ons pukul 1.15 siang waktu New York, setelah menyentuh US$ 1.706,80 yang menjadi level tertingginya sejak 9 Oktober 2012. Bulan ini, harga platina sudah menanjak 9,6%, nyaris menyamai kenaikan satu tahun lalu yang sebesar 9,8%.

Memakai harga tersebut, satu ons emas dapat ditukar dengan 0,99 ons platinum. Di Agustus lalu, satu ons emas dapat ditukar dengan 1,16 ons platinum.

0 comments: