Minggu, 25 Mei 2014

Dana Kelola Reksadana Syariah Terus Menyusut

Dana kelolaan reksadana syariah mengalami penyusutan dari Rp 9,43 triliun di akhir 2013 menjadi Rp 8,96 triliun di akhir April 2014. Produk reksadana syariah juga berkurang dari 65 reksadana menjadi 62 reksadana pada periode yang sama.


Menurunnya dana kelolaan reksadana syariah selama 2014 dipicu terutama karena pembubaran sejumlah produk reksadana syariah terproteksi. Analis Infovesta Utama Viliawati menyebutkan pembubaran reksadana terproteksi berkontribusi sekitar Rp 400 miliar terhadap penurunan dana kelolaan reksadana syariah.

Villia mengatakan penurunan dana kelolaan juga disebabkan adanya penarikan dana atau redemption yang cukup signifikan pada reksadana indeks dan reksadana saham syariah. Dia memperkirakan redemption disebabkan investor melakukan aksi ambil untung atau profit taking pada kedua reksadana tersebut.

Sejumlah faktor disebut menjadi pemicu kurang berkembangnya industri reksadana syariah. Diantaranya, ujar Villia, masih minimnya jumlah produk reksadana syariah dibandingkan reksadana konvensional. Selain itu juga secara umum kinerja reksadana non syariah lebih menarik dibandingkan reksadana syariah.

OJK mencatat, total produk reksadana syariah hanya mencapai 62 produk pada April 2014 atau hanya sekitar 7,7% dari total produk reksadana yang mencapai 805 produk.

0 comments: