Senin, 04 Agustus 2014

Investasi Logam Mulia Mulai Suram

Prospek keuntungan dari investasi emas batangan kurang menggiurkan di tahun 2014. Dalam sebulan terakhir harga emas semakin turun. Koreksi harga emas di pasar spot dan menguatnya nilai tukar rupiah berpotensi menggerus harga logam mulia hingga akhir tahun ini.



Pada hari Jumat (24/7), harga emas batangan ukuran 1  gram di Divisi Logam Mulia, PT Aneka  Tambang Tbk diperdagangkan Rp 528.000 per  gram. Posisi ini semakin mendekati harga pada awal tahun ini, yakni Rp 524.000 per gram. Pada Maret lalu, logam mulia  sempat mencapai harga tertinggi di level Rp 556.000 per gram.

Analis PT Equilibrium Komoditi Berjangka, Ibrahim menduga, harga emas spot masih cenderung menurun hingga akhir tahun ini. Peluang The Federal Reserves mengerek suku bunga akan semakin  besar, apabila perekonomian Amerika Serikat terus membaik. Ada kemungkinan akhir tahun ini atau awal tahun depan, suku bunga AS naik. Ini berdampak negatif bagi harga emas.

Isu geopolitik  di Ukraina dan wilayah Timur Tengah juga mulai mereda. Padahal, faktor konflik inilah yang paling mampu mendongkrak harga emas. Rusia sempat dituding sebagai pihak yang  bertanggung jawab dalam penembakan peswat MH-17. Namun, belakangan AS menyatakan Rusia tidak terlibat. Hal ini memicu investor untuk meninggalkan safe haven.

Analis PT Monex Investindo Futures, Daru Wibisono menambahkan, pasar emas sedang lesu. Selain, terancam  oleh penguatan dollar AS, permintaan fisik dari China pun sedang goyah. Selama semester I-2014, impor emas China turun 19,4%. Emas batangan bisa jatuh ke Rp 480.000 per gram, saat emas spot bergulir di kisaran US$ 1.100-US$ 1.200 per ons troi. Namun, tak menutup peluang emas lantakan kembali menyentuh Rp 540.000  per gram. Ini bisa terjadi jika konflik  geopolitik memanas, sehingga memacu emas spot ke level US$ 1.400 per ons troi.

Ibrahim menyarankan investor bisa mengoleksi emas di akhir tahun, karena harganya bisa lebih murah. Sebaiknya jika ingin membeli logam mulia, tunggu di level Rp 500.000, sebab harga emas masih cenderung akan turun.

Kalau saat ini investor sudah memiliki emas batangan sebaiknya ditahan. Sebab, investasi emas sebenarnya untuk jangka panjang. Jika ingin dijual, bisa dilakukan awal tahun depan, sebab secara historis harga emas naik di awal tahun.

0 comments: