Sabtu, 16 Februari 2013

Cara Menyimpan Emas Fisik


Banyak cara menyimpan emas, baik batangan, koin maupun perhiasan, dengan aman, mudah dan relatif murah.

Berikut adalah berbagai cara menyimpan emas yang umum bisa Anda lakukan:

Menyimpannya di rumah.
Ini cara paling gampang dan murah sekaligus relatif aman. Anda hanya memerlukan lemari berkunci di kamar Anda. Cara ini cocok bagi yang simpanan emasnya belum terlalu banyak, lokasi rumah gampang terpantau, lingkungan rumah relatif aman, dan hampir tiap hari rumah tersebut berpenghuni.


Menyimpannya di brankas baja.
Selain dengan menyimpannya di lemari berkunci biasa, Anda juga bisa memanfaatkan brankas baja. Dengan brankas baja, emas Anda relatif terlindung dari bahaya kebakaran dan banjir. Bagi yang berniat jahat pun bisa jadi mngurungkan niatnya karena membobol brankas baja tentu lebih susah.


Harga brankas baja saat ini relatif terjangkau, mulai dari 2jtan. Anda cukup memilih brankas yang sesuai kebutuhan Anda.

Menyimpan di safe deposit box (SDB).
Safe deposit box adalah layanan penyimpanan barang berharga ke dalam sebuah box berpengaman yang biasanya disediakan oleh bank-bank besar.


SDB biasanya disewakan per tahun dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran dan kebijakan bank masing-masing. Sebagai gambaran, Anda bisa mencoba melihat harga sewa SDB yang ditawarkan oleh bank melalui website bank masing-masing.

Memanfaatkan gadai emas.
Ini adalah sebuah cara alternatif dalam menyimpan emas Anda. Cocok bagi yang biasanya menyimpan emas di rumah dan suatu waktu seluruh penghuni rumah hendak bepergian jauh dan agak lama (misal: mudik lebaran), Anda hanya perlu mendatangi bank/pegadaian syariah kemudian menitipkan emas Anda.


Anda cukup membayar biaya titip dan administrasinya. Nilai gadainya tidak perlu Anda ambil atau bisa juga diambil jika memang Anda juga sedang membutuhkan uang.

0 komentar: