Rabu, 20 Februari 2013

Macam-macam Investasi Emas

Investasi dapat berupa reksa dana, asuransi, dan lainnya, tapi yang menarik adalah dengan melakukan investasi emas. Faktanya dengan memilih emas sebagai investasi, Anda pun dapat terhindar dari imbas inflasi. Karena  harga emas yang cenderung stabil dari tahun ke tahun. Itu yang menjadi keuntungan investasi emas.


Berikut ini beberapa jenis investasi emas yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Investasi Emas perhiasaan
Untuk memilih investasi dalam bentuk emas perhiasaan, agak kurang mendapatkan keuntungan. Karena Anda harus membayar lebih untuk biaya pembuatan design perhiasaannya. Kalau dijual pun pembeli/toko emas tidak akan menghitung jasa pembuatan. Kelebihannya, investasi emas perhiasaan lebih baik daripada menabung di bank. Karena itu bisa dijadikan investasi jangka panjang yang nilainya tinggi.

2. Investasi emas batangan
Emas batangan erupakan pilihan investasi emas yang paling sesuai, karena tidak perlu biaya pembuatan. Dan jika ingin menjualnya Anda tak mengalami kerugian dari biaya pembuatan seperti pada emas perhiasaan.

3. Investasi emas koin
Koin emas (dinar) bisa dijadikan pilihan alternative bagi yang ingin menabung untuk naik haji. Maka dikenal dengan istilah koin emas ONH (ongkos naik haji). Koin emas pun tidak memiliki perbedaan dengan investai emas lainnya tetap mengikuti nilai mata uang asing, hanya penambahan kata-kata ONH agar lebih dikenal di pemasaran.

4. Investasi sertifikat dan saham emas
Ini merupakan  investasi emas yang tak berbentuk fisik. Tetapi berwujud sertifikat emas yang menjadi bukti kepemilikian atas emas yang ada tersimpan di bank. Nantinya investor akan memegang satu lembar kertas yang dapat diuangkan dengan bank terkait. Yang berikutnya, dengan membeli saham suatu perusahaan pertambangan emas. Kelebihannya, jika harga emas sedang baik, biasanya peningkatan harga saham perusahaan akan meroket jauh dibanding emas fisik. Tipsnya, anda harus lebih teliti dalam mengamati perkembangan saham perusahaan emas tersebut. Pelajari saham perusahaan emas itu dahulu.

5. Kontrak emas berjangka
Dengan majunya teknologi, emas dapat diperjualbelikan di perdagangan berjangka sebagai komuditas. Sangat fleksibel karena Anda dapat menjual saat harga emas naik dan membelinya saat harga murah. Dengan berinvestasi emas dalam jangka panjang, Anda bisa lega akan perencanaan financial untuk hari depan. Demi Anda, demi putra-putri Anda, dan orang yang Anda kasihi. Daripada salah-salah mengalirkan dana, larikan ke investasi emas adalah strategi finansial yang bijak.

0 comments: