Selasa, 14 Mei 2013

Berapa Banyak Dana Pensiun yang Anda Butuhkan

Mungkin Anda pernah bermimpi ketika pensiun nanti tinggal dekat pantai di daerah tropis, sebuah villa di pegunungan, atau tempat yang bagus dekat kota. Tetapi bagi kebanyakan orang, bukan tentang di mana untuk pensiun, tetapi tentang bagaimana untuk memiliki cukup uang untuk hidup selama masa pensiun nanti. Jika Anda sedang menentukan berapa banyak yang Anda perlukan untuk pensiun, pikirkan beberapa pertanyaan berikut ini.


Apa jenis gaya hidup yang ingin Anda pertahankan selama pensiun? 
Jika Anda salah satu dari orang-orang langka yang selalu hidup dengan gaya hidup sederhana, Anda mungkin akan memerlukan sedikit biaya untuk hidup di masa pensiun.
 

Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda pensiun? 
Buatlah daftar hal-hal dan kegiatan yang penting  dan sesuai dengan gaya hidup Anda di masa pensiun. Daftar ini berfungsi untuk mengetahui berapa dana yang harus Anda sisihkan dari penghasilan Anda.

Pensiun Anda mungkin akan berlangsung antara 15 dan 30 tahun. 
Anda akan membutuhkan sumber pendapatan yang tidak akan habis sebelum kehidupan Anda berakhir. Jika tidak, Anda akan menemukan penurunan dramatis dalam standar hidup. Usahakan Anda memiliki banyak sumber pendapatan yang mampu mendukung masa pensiun Anda. 

Dua sumber penting dana pensiun. 
Sumber pertama adalah penghasilan dari sumber permanen, misal: gaji pensiun. Sumber kedua adalah tabungan dan investasi. Anda memiliki kontrol yang sangat terbatas atas sumber pertama, dan  kontrol hampir total atas sumber kedua. Semuanya tergantung pada seberapa keras Anda mencoba untuk mengusahakan sumber-sumber tersebut. Faktanya, sangat sedikit orang memiliki disiplin untuk melakukan hal ini. 

Saat pensiun, Anda harus dapat mengurangi biaya hidup Anda. 
Banyak orang mampu melunasi rumah mereka sebelum mereka pensiun. Ini membutuhkan item besar dari anggaran. Karena Anda tidak akan bekerja sehari-hari, biaya transportasi Anda akan lebih rendah. Dengan berusaha untuk menghilangkan semua hutang sebelum pensiun, Anda akan memastikan bahwa pengeluaran bulanan Anda serendah mungkin.
 

Seiring bertambahnya usia, biaya-biaya tertentu akan meningkat. 
Biaya pengobatan dan biaya dokter adalah biaya yang besar untuk para manula. Yang terpenting bahwa Anda telah mengumpulkan cukup tabungan dan investasi untuk memberikan tambahan pendapatan mengimbangi beberapa biaya ini.

0 comments: