Senin, 05 Januari 2015

Pilihan Investasi yang Cocok untuk Anda


Ada berbagai pilihan invetasi yang tersedia pada saat ini, tergantung dari keinginan, kesanggupan, dan kedisiplinan Anda dalam mengelola instrumen investasi. Pemilihan instrumen investasi yang tepat dapat membantu kita melipat gandakan nilai investasi secara berkesinambungan. Tetapi juga sebaliknya, pemilihan instrumen investasi secara acak dan terkesan asal asalan bisa membuat Anda mengalami kerugian bahkan dengan resiko terburuk kehilangan modal awal investasi.



Dalam kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil seperti saat ini, Anda harus bisa menentukan jenis investasi yang tidak hanya memberikan keuntungan tetapi juga rasa aman akan nilai investasi yang Anda tanamkan. Memilih investasi yang tepat dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dulu beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan.

1. Tujuan investasi

Rencana investasi akan menjadi lebih baik jika sesuai dengan tujuan finansial yang telah Anda pikirkan. Adapun tujuan financial tersebut misalnya untuk biaya pendidikan anak-anak, perluasan bisnis, pemekaran perusahaan dan lain lain. Sehingga Anda bisa menghitung target yang ingin Anda capai.

2. Jangka waktu investasi
Jangka waktu investasi juga memiliki pengaruh dalam berinvestasi, apakah seorang investor akan memilih jenis investasi jangka pendek atau jangka panjang. Semakin lama jangka waktu yang ditetapkan oleh seorang investor biasanya semakin besar pula hasil yang diharapkan. Ataupun sebaliknya semakin pendek jangka waktu berinvestasi yang ditetapkan, maka nilai keuntungannya pun semakin kecil, tetapi dengan resiko yang lebih rendah tentunya.

Perhitungan resiko terhadap investasi tersebut ada baiknya lagi Anda pamahami bahwa setiap investasi mengandung resiko. Sehingga Anda harus bisa memastikan terlebih dahulu seberapa besar resiko yang sanggup Anda hadapi nanti pada saat berinvestasi.

Pilihan Investasi yang Sesuai

Seiring dengan berkembangnya zaman, Saat ini hadir beragam pilihan instrument investasi yang ditawarkan dengan tingkatan yang berbeda satu sama lain. Berikut ini tipe investasi sesuai dengan tingkat toleransi finansial masing-masing investor.

1. Konservatif

Konservatif merupakan tipe investasi dengan sedikit resiko. Investor yang bermain dalam level ini biasanya lebih memilih mendapatkan keuntungan dalam skala kecil namun aman daripada mencari keuntungan yang besar namun penuh dengan resiko.

Tujuan utama dari jenis investasi ini adalah mencari keuntungan secara berkesinambungan dengan menghindari resiko sekecil apapun.

Contoh investasi yang cocok untuk tipe investor yang bermain pada level ini adalah tabungan atau deposito berjangka. Perlu diingat mengambil investasi dengan contoh diatas cendrung memberikan keuntungan (bunga) kecil sehingga terkadang bisa kalah oleh besarnya inflasi, apalagi diterapkan pada jangka waktu yang panjang.

2. Moderat

Moderat merupakan tingkat penginvestasian dengan tingkat resiko menengah (balance), Investor yang bermain dalam kategori ini cendrung memiilih jenis investasi yang mempunyai kadar keseimbangan yang sama antara keuntungan dan kerugian yang akan didapat. Keuntungan yang dicari harus sama dengan resiko yang dihadapi.

Tujuan moderat investor adalah mencari kesimbangan nilai investasi dengan menekankan porsi yang seimbang antara resiko dengan keuntungan yang bisa dihasilkan.

Jenis investasi yang cocok adalah obligasi yang diterbitkan oleh swasta ataupun Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN). Kekurangan investasi dari jenis ini adalah, nilai portfolio investasi akan berkembang dengan lamban.

3. Agresif

Agresif merupakan tipe investor yang mempunyai level tertinggi dikelasnya. Mereka merupakan tipikal investor yang berani dan siap mengambil resiko sebesar apapun asalkan mereka bisa meraih keuntungan semaksimal mungkin.

Tujuan utama agresif investor adalah meraih keuntungan semaksimal mungkin dengan persiapan yang matang terhadap resiko yang mereka hadapi. “high risk, high return” mereka sudah berpikir dengan matang apabila nantinya mereka mendapat kerugian (loss), maka itu merupakan bagian dari permainan.

Khusus bagi Agresif investor ada banyak pilihan Tipe investasi yang mereka inginkan mulai dari investasi berjangka seperti valas, emas, oil, dan saham hingga penginvestasian yang bersifat real seperti properti yang bisa mempunyai nilai berlipat ganda.

Banyaknya jenis pilihan instrumen investasi, membuat Anda mau tidak mau harus memahami dan mencari instrumen seperti apa yang cocok dengan karakter dan kebutuhan Anda. Ketidakpahaman seorang investor akan jenis investasi yang sesuai dengan karakternya akan membuat mereka menjadi gagal dalam berinvestasi.

Point utama dalam memilih investasi yang tepat adalah pahamilah dulu jenis investasi yang ingin Anda dapatkan entah itu dari segi modal, pengelolaan, hingga hasilnya, sehingga Anda tidak terlalu kesulitan mengelola instrumen investasi tersebut. Tapi jika anda merupakan tipe orang yang ingin meraih keuntungan penuh dalam bisnis ini maka “High risk, high return” merupakan aturan mutlak dalam berinvestasi.

0 comments: